6 Cara Memilih Botol Susu Bayi Bagus dan Aman

Cara memilih botol susu bayi indah dan aman

Di sebuah toko yang menjual perlengkapan bayi, Susan (bukan nama sebenarnya), sedang galau memilih botol susu untuk bayinya. Ibu muda satu anak ini ingin membeli botol susu tapi belum tau botol susu mana yang indah dan aman untuk bayinya ?

Cara

Di toko tersebut memang dijual banyak sekali botol susu. Ada yang panjang, ada yang pendek, yang bening, yang warna-warni, dari yang harganya murah hingga yang mahal. Kebingungan Susan ditambah lagi dengan kode-kode gila yang tertera di bawah kemasan botol.

Hmmm, pilih mana ya ? Semua botol susu di toko itu menarik dan menarik hati Susan sebagai konsumen.

Kebingungan Susan dalam memilih botol susu mungkin sama dengan kebingungan ibu-ibu muda yang lainnya. Mereka ingin menggunakan botol susu yang sempurna dan aman untuk bayi mereka, namun tidak tau kriteria apa yang dipakai.

Nah, berikut ini yakni cara memilih botol susu yang indah dan aman untuk bayi.

#1. Menurut materi dasarnya. Botol susu bayi ada yang berbahan dasar kaca dan ada yang berbahan dasar plastik.  Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan botol dari beling yakni mudah dibersihkan dan tahan terhadap panas sehingga tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Sedangkan kekurangannya yakni mampu retak bahkan pecah jikalau terjatuh. Kelebihan botol dari plastik yakni tidak mudah pecah atau retak, sedangkan kekurangannya tidak tahan panas dan mampu melarutkan zat kimia berbahaya.

#2. Sekarang ini botol susu berbahan dasar plastik banyak yang dibuat dari plastik berkualitas tinggi. Sehingga lebih tahan terhadap suhu panas dan tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Botol susu yang terbuat dari plastik berkualitas tinggi ini aman bagi bayi. Cara mengetahui botol susu yang aman tersebut mampu dilihat dari kode-kode tertentu yang tertera di bab bawah kemasan botol.

#3. Botol susu dari plastik yang aman yakni yang memiliki isyarat segitiga dengan mencantumkan aksara HDPE (high density polyethylene), atau LDPE (low density polyethylene), atau PP (polypropylene). Hindari kode-kode lain ibarat PVC, PS, PET alasannya yakni tidak tahan panas, berbahaya dan karenanya tidak direkomendasikan.

#4. Sebaiknya memilih botol susu yang polos bukan yang dihiasi dengan gambar, hindari juga botol dengan banyak asesoris.

#5. Pilih botol susu dengan regulator. Model botol susu bayi sekarang sudah jauh berkembang dan lebih nyaman digunakan, misalnya dengan memakai regulator sehingga bayi tidak mudah tersedak.

#6. Pilihlah botol menurut rekomendasi usia. Memilih botol susu sebaiknya mengikuti rekomendasi usia dari pembuatnya, alasannya yakni lebih memudahkan dalam penggunaannya.

Simak juga : Tips Memilih Kereta Bayi Yang Bagus dan Aman

Merk botol susu terlaris belum tentu terbaik 

Pada dasarnya tidak ada merk dot atau botol susu apapun yang mampu menjamin akan cocok dengan si bayi. Itu karena, setiap bayi yakni manusia yang berbeda baik secara fisik ataupun mental. Bayi A mungkin cocok dengan merk botol susu tertentu. Sedangkan bayi B cocoknya dengan merk yang lain.

Orang bau tanah si bayi bisanya hanya memperkirakan mana dot susu yang barangkali cocok dengan buah hatinya. Kadang-kadang orang bau tanah bayi harus mencoba beberapa merk dot susu sebelum alhasil menemukan yang terbaik untuk buah hatinya.

Menemukan apa merk botol susu yang terbaik (untuk semua bayi) rasa-rasanya mustahil. Jauh lebih mudah menemukan apa merk botol susu yang laris dipasaran. 

Nah berikut yakni beberapa merk botol susu yang laris di pasaran. Daftar disusun bukan berdasarkan ranking, namun secara alfabetik ya :

• Avent Natural 1 x 125ml
• Comotomo Natural Feeel Bottle 150ml
• Dr Browns 120ml Standard Neck
• Medela Calma 150ml
• Mimijumi 120ml
• Pigeon Peristaltic Nipple 120ml Standard neck
• Playtex Ventaire Wideneck 177ml
• Tommee Tippee Close to Nature 150ml

Pertimbangan aman dan nyaman dalam memilih botol bayi

Pertimbangan utama dalam menggunakan botol susu yakni faktor keamanan dan kenyamanan bagi si bayi. Jika bayi  Anda aman dan nyaman dalam menyusui tentu dia akan tumbuh lebih cepat dan sehat.

Bagaimanapun ASI yakni susu terbaik untuk bayi. Tapi keterbatasan para ibu dalam menunjukkan ASI membuat kebutuhan susu pengganti tidak terelakkan. Dengan botol susu yang indah dan sempurna diperlukan si bayi mampu mengkonsumsi susu dengan seaman dan senyaman mungkin.

Sekarang pilihan sepenuhnya ada ditangan Anda ...

Aneka macam botol susu yang dijual di toko perlengkapan bayi itu anggaplah sebagai alternatif dalam memilih, jangan malah bikin galau ... Karena sebagai konsumen, Anda layak menerima botol susu yang indah dan terbaik untuk bayi tercinta.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post