9 Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan

Sudah tau apa itu habbatussauda ? Belum. Habbatussauda (Nigella Sativa) di masyarakat kita dikenal dengan nama Jintan Hitam (Jawa = Jinten). Dalam bahasa Inggris disebut dengan Black Seed.

di
Nabi Muhammad Saw bersabda : “ Gunakanlah Al Habbatussauda, alasannya ialah didalamnya terdapat obat   untuk segala macam penyakit kecuali as-Sam (maut) “  (HR. Bukhori dan Muslim).

Mengkonsumsi Habbatussauda sebagai obat menyerupai yang dianjurkan Nabi Muhammad Saw mungkin masih abnormal bagi umat Islam di Indonesia. Padahal di aneka macam negara maju menyerupai Eropa, Amerika dan sejumlah negara Asia, habbatus sauda atau black seed ini sangat populer.

Beberapa riset ilmiah telah dilakukan untuk meneliti apa saja manfaat atau khasiat habbatussauda dan mengungkap kebenaran hadits Nabi tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan beserta penelitian yang berkaitan:

#1. Untuk menguatkan sistem kekebalan 
Khasiat habbatussauda yang pertama ialah untuk meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektifitasnya sampai 72 % kalau dibandingkan dengan plasebo yang hanya 7 %. Dengan demikian mengkonsumsi jintan hitam akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat ekstrak Habbatussauda ini pun diakui Profesor G Reimuller, Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, yaitu habbatussauda berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan badan dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian habbatus sauda dapat digunakan untuk  menghadapi penyakit yang menyerang kekebalan badan menyerupai kanker dan AIDS.

#2. Untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan
Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6 dan Omega 3), Habbatus sauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda juga memperbaiki  peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan baik pada anak usia pertumbuhan maupun lansia.

Jintan hitam ini kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi dan sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan badan dan revitalitas sel otak supaya tidak cepat pikun.

#3. Untuk menetralkan racun dalam tubuh
Habbatussauda juga berguna sebagai detoks. Sebagaimana diketahui, racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting menyerupai hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan menyerupai keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Jintan hitam ini dalam badan mengandung saponin yang bermanfaat menetralkan dan membersihkan racun dari

#4. Untuk mengatasi gangguan tidur dan stress
Saponin yang terdapat didalam habbatus sauda memiliki fungsi menyerupai kortikosteroid yang dapat menghipnotis karbohidrat, protein dan lemak serta menghipnotis fungsi jantung, ginjal, otot badan dan syaraf. Saponin berguna untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.

#5. Manfaat habbatussauda sebagai Anti Histamin
Histamin ialah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan badan yang menunjukkan reaksi alergi menyerupai pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dan Habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone. minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini punya manfaat konkret terhadap penderita asma bronchial.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 menandakan kristal dari niggelone menunjukkan efek suppressive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin.

Penelitian lain dilakukan Dr Med. Peter Schleincher, andal immunologi dari Universitas Munich. Ia melaksanakan pengujian terhadap 600 orang yang mederita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan 70 % yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak Habbatussauda. Dalam praktiknya Dr Schleincher menunjukkan resep habbatussauda kepada pasien yang menderita influenza.

#6. Untuk memperbaiki sistem pencernaan dan anti bakteri
Habbatus sauda mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang menandakan minyak volatile lebih ampuh membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik menyerupai Ampicillin dan Tetracillin.

#7. Khasiat habbatussauda melancarkan Air Susu Ibu
Kombinasi bab lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian di publikasikan dalam literatur penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.

#8. Sebagai tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita 
Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan badan secara alami. Pada animo hujan anak terutama akan mudah terkena flu dan pilek. Manfaat habbatussauda ialah dari kandungan Omega 3, Omega 6, dan Omega 9 yang terdapat dalamnya. Ini  merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

Si biji hitam yang memiliki nama latin nigella sativa ini juga mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk didalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak  dapat diproduksi oleh badan dalam jumlah yang cukup oleh alasannya ialah itu diharapkan perhiasan tambahan. Dalam kaitan ini, jintan hitam dapat mencukupinya  

#9. Manfaat Habbatussauda sebagai Anti Tumor  
Pada Kongres Kanker International di New Delhi , minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kanker Immuno-biology Laboratory dari South California. Habbatus sauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post