9 Manfaat Pijat Tubuh Bagi Kesehatan

Manfaat pijat badan bagi kesehatan

Pijat dan urut bagi masyarakat kita bukanlah barang baru. Pijat dan urut sering dilakukan untuk mengobati bab badan yang pegal, nyeri otot, terkilir dll. Ahli terapi pijat pun tak kalah banyaknya baik yang pijat tradisional ataupun pijat modern.

Pijat
Rajin pijat badan ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selama ini pijat sering dianggap sekedar melemaskan kembali otot-otot yang tegang dan memberi efek relaksasi. Tapi bahwasanya pijat badan merupakan investasi kesehatan yang sangat memiliki kegunaan kalau rutin dilakukan. Misalnya pijat seminggu sekali atau dua ahad sekali.

Macam-macam pijat

Masyarakat kita mengenal bermacam-macam pijat tubuh, beberapa diantaranya bahkan sangat populer. Berikut diantaranya :

#1. Pijat refleksi. Ini yaitu pijatan pada kawasan telapak kaki atau punggung kaki dimana terdapat titik-titik refleksi yang terhubung dengan organ badan lainnya. Pijat refleksi dilakukan dengan kekuatan jari-jari tangan atau dengan alat bantu pijat, misalnya kayu atau bambu.

#2. Pijat tradisional. Dengan menggunakan oil dalam pemijatan, pijat tradisional dilakukan dengan memakai teknik urut dari jari-jari yang disertai kekuatan telapak tangan. Pijat tradisional cocok untuk terapi pengobatan dan relaksasi.

#3. Pijat Thailand. Menggunakan tangan, kaki, siku, tubuh, dan teknik menekan, memutar, menarik namun tetap menjaga keseimbangan.

#4. Shiatsu atau pijat Jepang. Menggunakan kekuatan seluruh jari dari jempol hingga kelingking. Pijat shiatsu tanpa memakai oil.

Manfaat pijat

Manfaat pijat badan bagi kesehatan diungkapkan oleh Jennifer Goldsworthy, LMT, pendiri sekaligus pemilik klinik kesehatan holistik ShenMindBody. Menurutnya setidaknya ada 9 manfaat pijat untuk kesehatan kalau kita rajin melakukannya, menyerupai dikutip dari Female First.

#1. Mengurangi kelelahan. Pijatan yang dilakukan pada otot yang tegang akan menstimulasi otak untuk melepaskan rasa lelah dan mencicipi sensasi lebih bebas.

#2. Mengurangi rasa sakit. Pijat badan dapat mengurangi nyeri sendi, migraine kronis, dan mengurangi ketegangan otot leher dan bahu.

#3. Detoksifikasi racun. Pijatan dapat meningkatkan kemampuan kelenjar getah bening yang bantu-membantu darah, bertugas mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, dan selanjutnya mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

#4. Fungsi badan lebih optimal. Pijatan yang dilakukan dikulit akan menyehatkan kulit, dan dampaknya dirasakan juga oleh organ dalam kita. Sehingga fungsi badan yang lain dan pikiran jadi lebih optimal.

#5. Olahraga jadi maksimal. Aktifitas olahraga yang berlebihan sering mengakibatkan rasa sakit, nyeri dan pegal-pegal. Pijat dapat mengurangi perasaan tersebut, dan kalau dilakukan secara rutin akan meningkatkan ketahanan badan dan otot ketika berolahraga sehingga tidak cepat lelah. Rajin pijat juga akan mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga.

#6. Kesehatan lebih terjaga. Rajin pijat akan menjaga kesehatan badan secara keseluruhan. Seperti meningkatnya system kekebalan tubuh, tidur jadi lebih berkualitas, meningkatkan peredaran darah, dan ketegangan otot jadi berkurang.

#7. System pernafasan lebih sehat. Ketika dipijat, badan dengan sendirinya akan bernafas lebih pelan dan dalam. Aktifitas menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya dengan pelan-pelan akan membuat peredaran oksigen lebih mudah mengalir ke dalam badan sehingga membantu proses penyembuhan dan menyehatkan system pernafasan.

#8. Postur badan lebih ideal. Pijat badan sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang belakang dan otot disekelilingnya jadi lebih lentur dan fleksibel. Secara tidak eksklusif hal itu akan membuat postur badan lebih baik dan lebih ideal.

#9. Persendian lebih lentur dan tidak kaku. Terlalu banyak beraktifitas dan terlalu banyak menggerakkan sendi bisa berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan. Pijat badan akan mengurangi ketegangan pada sendi dan mengembalikan kelenturan sendi setelah badan beristirahat. Jika mencicipi persendian sakit setelah pijat, itu bisa menjadi tanda-tanda adanya titik ketegangan di badan kita. Oleh karena itu pijat rutin perlu dilakukan untuk memulihkan persendian yang sakit.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post