5 Cara Memahami Label Obat

Cara memahami label obat

Dalam setiap kemasan obat biasanya terdapat label yang berisi petunjuk wacana cara menggunakan obat. Bila kita menerima obat itu lewat resep dokter, beruntung kita mampu menerima penjelasan yang memadai mengenai bagaimana cara minum atau menghabiskan obat tersebut.

Dalam
Ilustrasi cara memahami label obat

Itu jikalau kita mendapatkannya dengan resep dokter.

Nah kalo beli obat di warung bagaimana ? Meskipun hal ini tidak dianjurkan, namun alasannya ialah satu dan lain hal mampu saja situasi ini terjadi pada kita. Dan kita terpaksa beli obat di warung terdekat. Dan biasanya ada saja keterangan pada kemasan yang mungkin kurang terperinci bagi orang awam.

Jika itu terjadi, maka berikut ialah 5 cara memahami label obat yang tertera dalam kemasan. Yuk disimak.

#1. “Obat dapat menimbulkan rasa kantuk. Jangan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin setelah minum obat ini”

Peringatan ini digunakan biasanya untuk obat-obat yang menimbulkan rasa ngantuk atau memperlambat daya refleks seseorang. Misalnya obat untuk batuk dan pilek (antihistamin).

#2.“Simpan ditempat yang sejuk. Jangan terkena sinar matahari” atau “Simpan dikulkas. Jangan ditempat beku”

Sinar dan panas yang berlebihan akan merusak hampir semua obat. Begitupun pembekuan akan merusak obat-obatan. Yang terbaik ialah simpan obat ditempat yang sejuk.

#3.“Makan 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Makan obat ini hingga habis atau habiskan”

Biasanya label peringatan ini digunakan pada obat antibiotik, alasannya ialah obat antibiotik dapat diserap dengan baik dalam keadaan perut kosong.

Baca juga : Pengertian Antibiotik dan Antibiotik Alami

#4. “Jangan makan obat bersama susu atau obat-obatan yang mengandung zat besi”

Kalsium (dalam susu) dan obat-obatan yang mengandung zat besi dapat mensugesti daya serap obat tertentu menyerupai antibiotik dan obat jantung. Setelah lewat 2 jam susu dan obat-obat yang mengandung zat besi biasanya sudah boleh dimakan.

#5. “Buang obat setelah tanggal yang ditentukan. Atau buang obat setelah botol dibuka dan telah lewat dari tanggal yang ditentukan”

Obat-obatan yang sering terpapar udara dan cahaya akan cepat rusak. Diluar batas jangka waktu tertentu khasiatnya akan hilang. Oleh alasannya ialah itu harus cepat dibuang bila telah expired.

Demikianlah uraian singkat wacana cara memahami label obat, agar bermanfaat dan makin menambah wawasan kita sehingga kita dapat mengkonsumsi obat dengan baik dan benar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post