Tips Memilih Suplemen Fitness Yang Bagus

Tips memilih suplemen fitness yang bagus

Bagi seorang atlet atau mereka yang serius berolah-raga, suplemen mungkin hal yang tidak mampu dipisahkan, termasuk dalam olah raga fitness.  Suplemen yaitu zat yang berisi vitamin, mineral atau asam amino yang berasal dari tumbuhan atau hewan kemudian dikemas dalam bentuk tablet, kapsul atau cairan.

Tips

Suplemen merupakan nutrisi tambahan atau perhiasan namun bukan pengganti makanan itu sendiri. Tubuh membutuhkan nutrisi utama dari makanan pokok yang kita konsumsi setiap hari ibarat nasi atau roti untuk karbohidrat, daging atau telur untuk protein, kacang-kacangan untuk lemak serta sayuran dan buah untuk serat.

Antara perlu vs tidak perlu 

Suplemen fitness sering diperdebatkan pemakaiannya oleh fitness mania terutama para pemula. Sebagian berpendapat bahwa suplemen fitness itu tidak perlu, sebagian yang lain berpendapat perlu, sebagian lagi bahkan ada yang sangat  bergantung pada suplemen fitness dalam pembentukan otot.

Sebenarnya, suplemen fitness itu perlu atau tidak dalam olah raga fitness ?

Untuk beraktifitas sehari-hari tubuh memerlukan banyak asupan nutrisi baik karbohidrat, protein, lemak maupun serat. Nah, jumlah nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari sering kali sangat kurang, misalnya jumlah protein.

Kebiasaan kita orang Indonesia mengkonsumsi protein dalam jumlah kecil tiap harinya. Misalnya, makan nasi sepiring hanya diimbangi dengan sambal dan dua-tiga potong tempe kecil.

Fitness yaitu olah raga yang memerlukan lebih banyak asupan nutrisi. Bagi penggemar olahraga kebugaran ini, fitness selain untuk kebugaran tubuh juga alasannya yaitu sifatnya yang berkaitan dengan pembentukan otot. Dan sumber pembentukan otot tersebut berasal dari protein. Karena itulah, seorang fitness mania memerlukan tambahan nutrisi berupa suplemen fitness untuk memenuhi kekurangan protein.

Beberapa jenis suplemen fitness 

Suplemen fitness yang terdapat di pasaran jenisnya sangat banyak. Kebutuhan suplemen fitness untuk setiap fitness mania juga berbeda-beda. Karenanya, setiap fitness mania harus teliti dan cermat dalam memilih sehingga diperoleh suplemen fitness terbaik yang mampu membentuk otot dengan cepat dan efektif.

Dibawah ini beberapa jenis suplemen fitness yang mungkin bermanfaat untuk fitness mania pemula.  Semuanya yaitu suplemen dasar untuk membangun otot secara efektif.

• Suplemen Protein – Membentuk otot tanpa protein yaitu mimpi. Sebab, protein yaitu inti untuk pembentukan otot tersebut. Kita memerlukan 1 gram protein per kilogram berat tubuh per hari. Suplemen protein diharapkan alasannya yaitu sebagian besar dari kita kekurangan protein dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.

• Suplemen Creatine – Bila dipakai bersamaan dengan asupan protein yang tepat, creatine dapat meningkatkan volume otot secara signifikan. Creatine menambah kekuatan angkat beban serta menambah tenaga sehingga fitness lebih efektif dan menunjukkan manfaat memperbesar otot dengan maksimal.

• Suplemen Glutamin – Glutamin termasuk golongan asam amino non-esensial. Glutamin membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Glutamin bermanfaat dalam memulihkan otot pasca fitness serta mencegah cedera otot tanggapan katabolisme otot.

• Suplemen Mineral / Multivitamin  –  Kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk beraktifitas dan untuk pemulihan. Vitamin dan mineral anti oksidan  membantu dalam melindungi otot, membantu pemulihan otot dan menghilangkan radikal bebas setelah otot mengalami tekanan dan rusak selama fitness.


Memilih suplemen fitness yang bagus

Setelah memahami jenis-jenis suplemen fitness, tiba saatnya anda memilih suplemen fitness yang tepat. Harga suplemen fitness yang rata-rata tidak murah membuat anda harus teliti sebelum membeli. Bacalah brosur dan label kemasan suplemen fitness dengan cermat.

Berikut ini yaitu tips memilih suplemen fitness yang bagus :

#1. Tentukan suplemen fitness sesuai dengan tujuan utama atau manfaat yang ingin anda capai. Misalnya, untuk pembentukan otot dan bukan untuk menurunkan kadar lemak.

#2. Pilih suplemen dengan dosis kandungan yang sesuai dengan kebutuhan. Dosis yang lebih tinggi bukan berarti lalu menerima manfaat lebih banyak.

#3. Suplemen fitness hanyalah makanan tambahan untuk pemenuhan gizi, bukan sebagai makanan utama.

#4. Jangan memakai suplemen sebagai alasan pembenaran kebiasaan buruk, contohnya : memakai suplemen penambah berat tubuh sebagai alasan untuk tidak makan, atau suplemen pembakar lemak sebagai alasan untuk malas berolahraga.

#5. Pilihlah merk suplemen yang sudah mempunyai reputasi yang jelas, dan diproduksi oleh produsen yang baik. Dapatkan rujukan dari andal kesehatan atau kolega yang anda percaya.

#6. Sebelum membeli, cek dahulu tanggal kadaluwarsa (expired date), peringatan (warning), berita gizi, dan segel pada kemasan.

#7. Harga tidak harus  mahal, yang penting dapat memenuhi kebutuhan fitness anda.

#8. Pilihlah suplemen yang terbuat dari materi alami dan diolah secara alami.

#9. Bagi anda yang muslim lihat adakah akta halal dari MUI .

#10. Untuk menerima hasil maksimal dari suplemen tersebut, ikuti saran penyimpanan yang ada dikemasan.

Baca juga : Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Fat Burner

Sesuai dengan namanya, suplemen ini hanyalah tambahan bagi makanan pokok (the real food) yang kita konsumsi setiap hari. Makara suplemen fitness bukanlah pengganti dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti makanan pokok.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post