Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Melahirkan dan Menyusui

Madu untuk ibu hamil, melahirkan dan menyusui

Madu merupakan zat makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, termasuk ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil di antaranya ialah :

Madu
1.    Mengurangi rasa mual. Rasa mual merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling umum, walaupun tidak semua ibu hamil mengalaminya.  Untuk mengurangi atau menghilangkan rasa mual yang dirasakan oleh para ibu hamil, maka mereka dianjurkan mengkonsumsi 3 sendok madu di pagi hari pada ketika bangkit tidur. Lakukan sebelum mereka pergi ke kamar mandi atau beraktifitas lain.

2.    Menambah nafsu makan. Hilang nafsu makan sering dialami wanita yang sedang hamil. Untuk menambah nafsu makan pada ibu hamil, mereka dapat meminum madu 2 atau 3 kali dalam sehari. Lakukan secara teratur.

3.    Untuk melindungi janin dari keracunan. Bukan hanya untuk ibu hamil, madu ternyata juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan. Manfaat madu untuk janin dalam kandungan diantaranya diteliti oleh para dokter di Cina. Dari serangkaian percobaan yang telah mereka lakukan, ditemukan fakta bahwa calon ibu yang meminum madu setiap hari selama masa kehamilan dapat secara signifikan mengurangi kasus keracunan calon bayi.

Manfaat madu untuk membantu proses kelahiran

Masih dari negeri Cina, disana madu telah biasa digunakan sebagai materi untuk membantu mempermudah proses kelahiran bayi. Caranya ialah dengan menimbulkan madu sebagai cairan pada otot dengan tingkat konsentrasi 80%. Para dokter di Cina mengetahui bahwa para ibu hamil yang di beri madu kelahiran bayinya lebih mudah. Proses terjadinya pembukaan daerah kelahiran juga menjadi lebih cepat .

Hal itu dapat terjadi karena madu memang mengandung zat prostagelandine yang dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar.

Sebagian ilmuwan juga melaksanakan beberapa percobaan terhadap zat lilin yang menjadi sarang lebah untuk melihat bagaimana materi tersebut dapat digunakan untuk menyiapkan leher rahim untuk menjalani proses kelahiran, karena materi ini ternyata dapat membuat leher rahim menjadi lentur dan tidak menebal, sehingga ia dapat terbuka lebih lebar.

Di samping membantu pada ketika kelahiran, madu juga dapat membantu ibu pada ketika menjalani masa-masa nifas. Pemberian madu pada ketika ini sangatlah penting, karena madu mengandung zat gizi yang tinggi. Apalagi madu juga mengandung banyak sekali macam zat yang dapat membunuh kuman serta dapat memperkuat daya tahan badan untuk mencegah terjadinya demam pada ketika nifas. Oleh alasannya ialah itu, maka banyak dokter di Jepang yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi madu setiap hari selama masa nifas.

Manfaat madu pada masa menyusui

Air susu ibu merupakan zat makanan yang paling lengkap untuk bayi yang gres lahir. Karena itu anak yang gres dilahirkan sebaiknya mendapatkan haknya untuk disusui. Air Susu Ibu (ASI) dapat memperkuat daya tahan badan bayi dan merupakan makanan yang mencukupi kebutuhannya. ASI juga telah lama dinyatakan sebagai materi makanan yang paling sempurna untuk bayi.

Madu sangatlah bermanfaat bagi bayi yang mendapatkan asupan ASI. Ada serangkaian penelitian yang dilakukan di Jepang dan banyak sekali negara lainnya yang mengambarkan bahwa madu yang murni dapat memperlancar keluarnya ASI, ia juga dapat menambah zat anti kuman di dalam kandungan ASI, dan hal itu akan memperkuat daya tahan para bayi yang digunakan untuk menghadapi banyak sekali macam penyakit. Oleh alasannya ialah itu, para ibu yang sedang menyusui bayi sangat dianjurkan untuk meminum 6 sendok madu setiap hari.

Madu juga sangat berguna untuk mengobati banyak sekali jenis peradangan yang disebabkan oleh jamur yang menyerang verbal para bayi yang sedang menyusui. Cara untuk mengobati peradangan yang disebabkan jamur tersebut ialah dengan mengoleskan larutan madu yang dicampur dengan air kebagian verbal bayi.

Jika setiap hari seorang bayi yang sedang menyusui mengonsumsi madu dalam jumlah yang alakadarnya , hal itu akan dapat melembutkan tenggorokan, lidah, dan kerongkongannya. Hal itu juga dapat mencegah timbulnya jamur serta sangat bermanfaat bagi lambung dan darah.

Baca juga : Supaya Cepat Hamil Antara Mitos dan Fakta

Akhirnya, begitu banyak manfaat madu untuk para ibu hamil, ibu yang mau melahirkan dan ibu yang sedang menyusui. Karena di pasaran tersedia banyak sekali madu, maka pastikan selalu madu yang dikonsumsi ialah madu yang asli dan terjaga kualitasnya. Sehingga kaum ibu dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari madu ini. Sumber : Islampos
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post