5 Bahan Makanan Yang Mengandung Vitamin B Paling Banyak

Makanan yang mengandung vitamin B dari negeri sendiri sangatlah banyak. Ada yang berupa sayuran, buah ataupun materi makanan lainnya. Hampir semuanya merupakan materi makanan dari dalam negeri yang mudah didapat. Selain mudah di dapat, kebutuhan akan vitamin B juga lebih murah sebab materi makanan lokal tersebut.

Makanan
Beras merah
Seperti diketahui, vitamin B tidak mampu dibuat sendiri oleh tubuh, sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan. Sayangnya, badan tidak mampu menyimpan vitamin ini terlalu lama. Jadi, semoga tidak kekurangan vitamin B, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B ini.

Kekurangan vitamin B mampu membuat badan kita mudah dilanda kelelahan dan stress. Selain itu juga mudah mengalami kelambatan pertumbuhan, anemia, gangguan penglihatan, kerusakan saraf, dan gangguan jantung.

Bahan makanan yang mengandung vitamin B

Beberapa materi makanan lokal yang banyak mengandung vitamin B misalnya beras merah, singkong, kacang hijau, pisang, bekatul, dedak, bayam, kacang mete, jamur, papaya, buncis, alpukat, sereal, cabai, kentang, tomat, biji bunga matahari, dan seluruh biji-bijian.

#1. Beras merah
Beras merah memiliki banyak kelebihan dan manfaat dibandingkan beras putih. Sayangnya, dominan masyarakat kita lebih memilih beras putih dari pada beras merah. Baru belakangan ini saja konsumsi beras merah mulai kembali digalakkan sebagai adegan dari gaya hidup sehat.

Selain itu, menurut penelitian, beras merah mempunyai kandungan serat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Manfaat dari serat tersebut di antaranya untuk mengganggu peresapan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu peresapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.

#2. Singkong
Singkong merupakan tanaman tropis dan subtropis yang dapat ditanam sepanjang tahun. Tanaman singkong sangat populer di negara kita, namun sering dipandang sebelah mata. Padahal singkong banyak mengandung vitamin dan gizi yang sangat bermanfaat bagi badan kita.

Singkong merupakan salah satu materi makanan yang banyak mengandung vitamin B. Kandungan gizi singkong mentah diantaranya : protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K, gula alami, dan karbohidrat.

Sementara daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi.

#3. Kacang hijau
Kacang hijau banyak mengandung vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B1 (thiamin). Selain itu juga kaya vitamin B lain, menyerupai B2 (riboflavin), B6, B5 (asam pantothenat), serta B3 (niacin). Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme.

Vitamin B1 yang terdapat pada kacang hijau memiliki kegunaan untuk pertumbuhan dan vitalitas kaum lelaki. Sehingga kacang hijau cocok dikonsumsi oleh mereka yang gres menikah.

Kacang hijau merupakan makanan sumber protein nabati, vitamin (A, B1, dan C), serta mineral lainnya. Salah satu kelebihan kacang hijau ialah pada kecambahnya (tauge). Kecambah (tauge) tersebut mengandung vitamin E yang tidak ditemukan pada kacang tanah dan kedelai.

#4. Pisang
Pisang banyak mengandung vitamin, terutama provitamin A, yaitu betakaroten.  Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6 (pyridoxine). Kandungan vitamin B6 pada pisang lumayan tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram.

Vitamin B6 berfungsi sebagai ko-enzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, selain itu juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat, serta mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk kegiatan sehari-hari.

#5. Bekatul
Bekatul ialah hasil samping penggilingan padi yang diperoleh dari lapisan luar karyopsis beras. Bekatul banyak tersedia di Indonesia, namun pemanfaatannya untuk konsumsi insan masih terbatas.

Sampai dikala ini, pemanfaatan bekatul masih terbatas sebagai pakan ternak. Padahal, nilai gizi bekatul sangat baik, kaya akan vitamin B, vitamin E, asam lemak esensial, serat pangan, protein, oryzanol, dan asam ferulat.

Masyarakat pedesaan sudah terbiasa mengkonsumsi bekatul, sebab beras yang mereka makan ialah beras tumbuk yang masih mengandung bekatul sekitar 50 persen. Oleh masyarakat di pedesaan, bekatul biasa diolah menjadi aneka makanan, menyerupai di buat pepesan atau bubur.

Bekatul banyak mengandung vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, dan B15), protein, mineral, lemak, dan serat pencernaan (dietary fibres). Dimana kita mampu memperoleh bekatul ? Kita mampu mencarinya ke daerah penggilingan padi (huler).

Baca juga : 5 Buah Lokal Yang Banyak Mengandung Vitamin C

Nah, selain makanan lokal dari nabati diatas, vitamin B juga banyak terkandung pada makanan yang berasal dari hewan menyerupai daging, telur, ikan, dan susu.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post