Tips Memilih Baby Monitor Bagus Berkualitas

Memilih baby monitor indah berkualitas  

Baby monitor atau monitor bayi sering disebut pula dengan istilah alarm bayi. Baby monitor yakni system audio dan video yang digunakan untuk memantau dari jarak jauh bunyi dan gerak yang dibuat oleh bayi menyerupai bunyi tangisan, gerakan kaki dan tangan, atau sumber audio video lain yang berasal dari ruangan dimana bayi berada. Monitor bayi digunakan untuk memantau keadaan si bayi bila posisi orang bau tanah dan bayinya berada di kamar yang berlainan.

Memilih

Baby monitor terdiri dari satu unit pemancar (transmitter) yang dilengkapi dengan mikrofon dan kamera yang diletakan bersahabat bayi, serta satu unit peserta (receiver) yang dilengkapi speaker dan monitor. Pemancar akan mentransmisikan via gelombang radio setiap sinyak audio video yang ditangkap ke unit peserta yang ada di bersahabat orang bau tanah atau pengasuhnya. Beberapa baby monitor yang indah ada juga yang dilengkapi fitur pemanis menyerupai komunikasi dua arah dan playback music.

Macam-macam baby monitor

Setidaknya ada empat macam baby monitor, yaitu : baby sound monitor, baby video monitor, baby motion monitor dan prenatal sound monitor. Selain itu juga mampu dibedakan antara baby monitor dengan kabel dan baby monitor nirkabel (wireless).

Intinya monitor bayi yang dijual dipasaran punya banyak varian. Karena itu sangat penting artinya untuk mengetahui pilihan apa saja yang tersedia di pasaran, serta bagaimana cara memilih baby monitor terbaik diantara banyaknya pilihan.

Manfaat baby monitor  

Salah satu manfaat baby monitor yakni memberi rasa damai pada orang bau tanah atau pengasuh, alasannya yakni mereka dapat eksklusif mengetahui kondisi bayi terkini meskipun mereka berada di ruangan berbeda.

Orang bau tanah atau pengasuh tidak perlu secara fisik berjalan menghampiri ruangan dimana bayi berada, manakala terdengar bunyi asing atau mencurigakan. Dengan hanya melihat pada baby video monitor, orang bau tanah dapat mengetahui kondisi riil bayinya itu.

Manfaat baby monitor lainnya yakni orang bau tanah mampu lebih antisipatif manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Monitor bayi pertama kali dibuat pada simpulan tahun 1930-an oleh Norman Emerick. Penemuan baby monitor didahului oleh pemberitaan besar-besaran perihal kasus penculikan bayi berumur 20 bulan berjulukan Charles Jr. putra dari keluarga Charles Lindbergh.

Walau tidak merasa terancam dengan penculikan, banyak keluarga tetap menggunakan monitor bayi semoga mampu secepatnya mengetahui bila bayinya menangis, terbangun dari tidur dll. Baby monitor yang indah dapat mengirimkan bunyi lemah sekalipun sampai ratusan meter, serta memberi alarm semoga orang tuanya terbangun meski yang bersangkutan dalam kondisi kantuk berat. Monitor tersedia dalam bentuk analog maupun digital.

Pertimbangan sebelum memilih monitor bayi

Gunakan beberapa pertimbangan dibawah ini untuk menemukan baby monitor yang indah dan paling sesuai dengan kondisi Anda.

#1. Kejernihan bunyi (sound clarity). Kritik paling umum terhadap baby monitor yakni soal kejernihan bunyi dari perangkat yang bersangkutan. Gangguan yang berkaitan dengan kejernihan bunyi merupakan problem yang banyak ditemukan pada baby monitor yang kurang bagus. Penyebabnya mampu jadi adanya perangkat elektronik lain (tv, telepon, internet) yang menggunakan jalan masuk yang sama dengan monitor bayi. Kejelasab bunyi dan sedikitnya ganguan merupakan prasyarat utama untuk monitor bayi yang baik.

#2. Indikator baby monitor. Pada adegan ini pertimbangkan beberapa indikator baby monitor menyerupai : lampu suara, lampu malam, indikator baterai lemah, indikator diluar jangkauan dll.

#3. Fitur suhu ruangan. Ini untuk memastikan bayi Anda berada dalam suhu kamar yang aman. Tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

#4. Kabel dan nirkabel. Sebagai alat pemantau bayi, baby monitor juga harus mampu digunakan dengan se-fleksibel mungkin. Karena itu pilih monitor bayi yang tanpa kabel (nirkabel) alasannya yakni lebih simple dan lebih aman.

#5. Night vision infra red. Dengan fitur ini Anda tetap dapat memantau kondisi bayi secara visual meskipun kamar bayi dalam keadaan gelap (misalnya ketika tidur malam).

#6. Sumber daya. Pilihan untuk sumber daya yakni menggunakan adaptor AC, baterai isi ulang ataukah baterai biasa. Jika menggunakan baterai biasa perhitungkan juga biaya yang harus dikeluarkan setiap kali mengganti baterai.

#7. Mudah digunakan. Baby monitor yang indah haruslah easy to use alias mudah digunakan. Karena itu perhatikan buku manualnya untuk memastikan bahwa perawatan dan cara menggunakan baby monitor ini cukup mudah. Sebab, boleh jadi diantara pengasuh ada yang tidak terbiasa dengan monitor bayi.

#8. Garansi dan dukungan. Garansi yakni hal lain yang perlu diperhatikan, alasannya yakni biasanya bervariasi antara produsen satu dengan yang lain. Baik jangka waktunya ataupun item yang dijamin. Misalnya garansi mungkin batal bila monitor bayi menggunakan sumber daya diluar ketentuan dll.

Video cara menggunakan monitor bayi :


Baca juga : Tips Memilih Kereta Bayi Yang Bagus dan Aman

Akhirnya yang paling utama yakni perhatian orang bau tanah itu sendiri pada anak bayinya. Karena sebagus apapun kualitas baby monitor tersebut, ia hanyalah alat bantu semoga orang bau tanah atau pengasuh selalu menjaga dan merawat bayinya dengan lebih baik.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post