7 Macam Air Minum Kemasan, Yang Suka Beli Wajib Baca

Macam-macam air minum kemasan  

Air yaitu sumber kehidupan. Kita perlu mengkonsumsi air minum dalam jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhan cairan badan sehari-hari. Salah satunya melalui air minum dalam kemasan.

Air minum kemasan yang sering kita beli di toko, super market atau dalam perjalanan, ternyata tidaklah sama. Air minum kemasan yaitu pilihan yang mudah dan murah untuk memenuhi kebutuhan cairan badan di mana pun kita berada.

Kita

Botol air minum kemasan yang ada di pasaran biasanya mirip-mirip (lihat gambar botol air minum kemasan diatas). Namun tidak jarang air minum kemasan punya rasa yang berbeda satu sama lainnya. Bahkan sebuah iklan air minum kemasan di televisi secara terang menonjolkan rasanya yang “seperti ada manis-manisnya”.

Perbedaan dalam rasa air minum kemasan itu dipengaruhi oleh perbedaan sumber dan proses pengolahan air sebelum karenanya dimasukkan ke dalam kemasan. Bukan cuma rasanya yang berbeda, tapi juga kandungan air minum-nya.

Menurut Food And Drug Administration (FDA), semacam lembaga BPOM di Amerika, air minum kemasan dibedakan menjadi 7 macam, yaitu:

#1. Spring Water
Spring water yaitu air yang berasal dari formasi bawah tanah, dimana air mengalir secara alami ke permukaan bumi. Untuk dikelompokan sebagai spring water, air harus didapatkan ketika isu terkini semi.

Spring water dianggap air yang paling murni, bebas dari aneka macam macam zat kimia maupun unsur berbahaya. Spring water ini diperkaya oleh kandungan mineral dari bebatuan yang dilalui anutan air, yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

#2. Purified Water
Air minum kemasan jenis ini telah melalui beberapa proses, ibarat distilasi, deionisasi atau metode penyaringan osmosis terbalik. Proses tersebut menghilangkan kuman dan materi yang terlarut di dalam air, sehingga air menjadi murni. Biasanya, purified water diberi label “air minum yang dimurnikan”, “air minum osmosis terbaik” atau “air minum terdistilasi”.

#3. Mineral Water
Air mineral (mineral water) yaitu air yang memiliki kandungan mineral, baik itu secara alami maupun buatan. Mineral water juga mengandung mineral dan zat kimia yang didapat dari bebatuan ketika proses air mengalir secara alami.

#4. Sparkling Water
Sparkling water mengandung karbon dioksida, yang membuatnya menjadi bersoda (berkarbonasi) tanpa adanya kalori. Air jenis ini biasanya diberi label “sparkling drinking water”, “sparkling mineral water” atau “sparkling spring water”.

#5. Artesian Water / Artesian Well Water
Ini yaitu air yang berasal dari bawah lapisan bebatuan dalam tanah. Artesian well water biasanya dialirkan melalui sumur bor.

#6. Well Water
Air jenis ini terang berasal dari lubang yang dibuat dengan sengaja di dalam tanah.

#7. Municipal / Tap Water
Air minum kemasan jenis ini berasal dari keran di rumah atau kantor. Municipal atau tap water hanya ada di beberapa negara di dunia. Indonesia tidak termasuk salah satunya.

Itulah 7 jenis air minum kemasan yang perlu kita ketahui. Agar menerima air minum kemasan yang terbaik dan sesuai, jangan lupa untuk selalu mencari logo atau label izin dari BPOM sebelum membeli air kemasan. Perhatikan juga kandungan yang ada di dalam air tersebut.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post