Begini Lho Cara Merawat Kacamata Yang Baik dan Benar

Cara merawat kacamata yang baik dan benar

Kacamata yang bersih, terawat dan bentuknya in frame sesuai tipe wajah pemakainya, pastilah menjadi kacamata idaman setiap orang. Sebaliknya kacamata yang kusam, banyak goresan, frame yang tidak matching dan bengkok kesana-kemari tentu akan dijauhi.

Kacamata seharusnya memang selalu bersih dan terawat dengan baik. Sebab, selain sebagai alat bantu penglihatan, kacamata ialah juga atalase dari personality kita sebagai pemakainya.

Cara

Bagaimana cara merawat kacamata yang baik dan benar ? Nah, tips dibawah ini mungkin dapat membantu anda dalam merawat kacamata semoga senantiasa awet, bersih dan in frame dengan wajah Anda :

#1. Bersihkan lensa kacamata dengan cairan khusus

Pastikan lensa kacamata harus dalam keadaan lembap sebelum dibersihkan. Jangan pernah membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering. Pakailah pembersih lensa khusus (lens cleaner) atau campuran air dan sabun.

Awas, jangan tiup atau gunakan hembusan nafas. Selain jorok, nafas situ tidak akan mampu membasahi lensa kacamata. Gak percaya, coba saja.

#2. Bersihkan dengan kain lembut

Saat beli kacamata kita akan mendapat sehelai kain kecil khusus untuk membersihkan kacamata. Gunakan kain tersebut, jangan memakai produk kertas apalagi pakai baju anda untuk membersihkan lensa kacamata.

Jika mau ganti, kain khusus pembersih kacamata ini mampu kita beli di optik terdekat.

#3. Hindari materi kimia atau panas

Kacamata perlu dijauhkan dari materi kimia berbahaya dan kawasan panas. Misalnya ketika berada di sauna ataupun dijauhkan dari dashboard mobil.

#4. Setel kacamata secara bersiklus ke Optik

Usahakan menyetel kacamata secara bersiklus ke optik. Jika itu dilakukan di Optik kawasan Anda membeli kacamata, biasanya gratis. Kalaupun dikenakan biaya, biasanya sangat murah.

Agar setelan kacamata tetap pas, maka ketika mengenakan dan melepas kacamata harus benar. Gunakan kedua tangan untuk memegang gagang kacamata dan melepasnya dengan hati-hati dari pendengaran anda.

#5. Konsultasi ke jago kacamata atau dokter

Bila menemui dilema menyerupai penglihatan yang semakin kabur dengan kacamata yang anda pakai sekarang, konsultasikan hal itu ke dokter atau pun jago kacamata. Mungkin sudah waktunya bagi anda mengubah ukuran kacamata. Bisa ukurannya bertambah ataupun berkurang.

#6. Simpan kacamata pada tempatnya

Bila kacamata tidak sedang dipakai, simpanlah pada tempatnya. Jangan asal taruh.

Simak juga : Tips Memilih Warna Frame Kacamata Yang Bagus Sesuai Kepribadian

Merawat kacamata mungkin hal simpel yang sering dilewatkan oleh kita. Namun kalau perawatan yang simpel ini berdampak konkret buat kesehatan dan penampilan, mengapa juga harus kita lewatkan ?
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post