Perbedaan Antara Vitamin B Kompleks dan B12

Perbedaan antara vitamin B kompleks dan B12

Perbedaan utama antara vitamin B Kompleks dan B12 ialah bahwa vitamin B12 merupakan salah satu adegan dari vitamin B kompleks. Dan aksesori vitamin B kompleks biasanya mengandung semua jenis vitamin B termasuk vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Semua vitamin ini penting bagi tubuh.

Perbedaan

B Kompleks dan B12 ialah dua vitamin yang berbeda. Vitamin itu sendiri ialah adegan penting dari kesehatan kita. Meskipun kita hanya membutuhkan vitamin dalam dosis sangat kecil, namun hal ini sangat penting bagi kesehatan.

Vitamin sering juga disebut sebagai mikronutrien. Tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi dan vitamin. Seperti vitamin A, B2, B6, B12, C, dll, serta nutrisi lainnya menyerupai mineral dan elemen lainnya. Sebagian besar nutrisi dan vitamin berasal dari makanan yang dikonsumsi manusia. Oleh alasannya ialah itu keseimbangan diet sangat penting dan dianjurkan.

Vitamin B ialah vitamin yang water soluble, yang berarti vitamin ini mampu larut dalam air. Sebagian besar vitamin B mampu didapat melalui diet seimbang. Namun, ada beberapa jenis B12 yang hanya tersedia pada makanan berbasis daging dan produk susu. Ini berarti bahwa orang yang mengikuti contoh makan vegetarian atau vegan berisiko tinggi mengalami defisiensi B12. Untuk menerima jumlah B12 yang dibutuhkan, mereka mungkin harus mengkonsumsi suplemen.

Kekurangan Vitamin B dalam tubuh mampu menjadikan banyak sekali masalah. Misalnya, defisiensi vitamin B1 menyebabkan beri-beri, yang meliputi gejala menyerupai penurunan berat badan, gangguan emosional, persepsi sensorik terganggu, kelemahan dan nyeri pada anggota badan, periode detak jantung tidak teratur, dan pembengkakan jaringan tubuh.

Kekurangan Vitamin B2 menyebabkan ariboflavinosis, yang mencakup gejala menyerupai retakan di bibir, kepekaan tinggi terhadap sinar matahari, radang lidah, sakit tenggorokan, pseudo-sifilis, dll.

Kekurangan vitamin B3 menyebabkan pellagra, yang meliputi gejala menyerupai agresi, dermatitis, insomnia, kelemahan, kebingungan mental, dan diare. Kekurangan vitamin B7 dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kelainan neurologis pada bayi.

Kekurangan vitamin B12 berpotensi menyebabkan kerusakan parah dan ireversibel, terutama pada otak dan sistem saraf. Ini terutama menghasilkan anemia makrositik, asam metilmalon dan asam homosistein tinggi, neuropati perifer, kehilangan memori dan defisit kognitif lainnya. Pada dasarnya vit B12 mensugesti fungsi otak. Yang sangat beresiko misalnya orang tua, dan orang vegetarian.

Karena begitu pentingnya menerima asupan vitamin yang memadai, serta mengingat bahwa kebanyakan orang tidak mengikuti diet seimbang, maka vitamin B ini, terutama vitamin B12 sering ditambahkan ke makanan kemasan dan minuman untuk memastikan orang menelannya. Sseperti misalnya dimasukan pada sereal, yogurt, dll.

Nah itulah perbedaan antara vitamin B kompleks dan B12. Sekarang sudah paham ya bedanya ?
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post